Catatan Khotbah bundajo

Cari Perkara di Atas

pada Juli 2, 2023

GPdI Bethesda

Pdt Hesky Rorong

Kolose 3: 1) Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. 2) Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. 3) Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. 4) Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Latar belakang: jemaat di Kolose masih hidup dalam kebiasaan lama walaupun sudah di dalam Tuhan. Kolose pada abad 1 adalah pusat perdagangan kuno, dengan jalur paling sibuk. Paulus mendapat berita dari Epafras mengenai perilaku di Kolose yang mulai sesat. Sementara, cara Paulus hidup seperti Kristus.

Galatia 2: 20) namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku. (21) Aku tidak menolak kasih karunia Allah. Sebab sekiranya ada kebenaran oleh hukum Taurat, maka sia-sialah kematian Kristus.

Bagaimana kita menjaga iman untuk mencari perkara di atas

1. Duduk dan diam di dalam Kristus

Efesus 2: (6) dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga,

2. Cari Tuhan

Yesaya 55: (6) Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!

3. Menjaga pikiran

Biarlah kita lakukan kehendak Allah dengan mencari perkara yang di atas.


Tinggalkan komentar