Catatan Khotbah bundajo

Akhir Pertandingan Untuk Dapatkan Mahkota Kebenaran

pada Desember 31, 2016

Ibadah Akhir Tahun 2016

Pdt Hesky Rorong

GPdI Bethesda

2 Timotius 4: 7) Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman. (8) Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya

Mengakhiri tahun ini tentunya kita melakukan evaluasi. Apakah kita puas sudah melakukan kebenaran? Bagaimana pengiringan kita kepada Tuhan?

Paulus membawa kita pada proses yang dialami olahragawan. 

Mengakhiri pertandingan yang baik

Waktu kita mengawali, kita tidak tahu apa yang akan dihadapi. Namun ketika kita menutup tahun, apakah bisa kita menghitung kebaikan Tuhan. Kita seperti sudah menghadapi pertandingan di sepanjang 2016. Apakah memang sudah merupakan pertandingan yang baik? Tuhan sudah memberikan kesempatan 365 hari. Apakah kita sudah banyak menang atau kalah? Paulus tidak hanya mengakhiri pertandingan, namun berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Yakobus 4: 17) Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

1 Korintus 9: 24) Tidak tahukah kamu, bahwa dalam gelanggang pertandingan semua peserta turut berlari, tetapi bahwa hanya satu orang saja yang mendapat hadiah? Karena itu larilah begitu rupa, sehingga kamu memperolehnya! (25) Tiap-tiap orang yang turut mengambil bagian dalam pertandingan, menguasai dirinya dalam segala hal. Mereka berbuat demikian untuk memperoleh suatu mahkota yang fana, tetapi kita untuk memperoleh suatu mahkota yang abadi (26) Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul  (27) Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Kita berada dalam arena pertandingan, dan untuk menang kita harus menguasai diri dalam segala hal. Tutur kata, perilaku, harus kita kuasai. Tujuan pertandingan kita jelas, mahkota yang abadi. Paulus memberikan teladan bahwa ia pun melatih tubuhnya dan menguasai seluruhnya.

Filipi 3: (12) Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus Yesus. (13) Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, (14) dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus

Jangan kita puas dengan kerohanian di 2016; kerohanian kesetiaan kita harus terus bertumbuh.

Aku telah mencapai garis akhir dan memelihara iman

Untuk bisa sampai garis akhir harus ikut aturan. Paulus begitu mengimani bahwa ia sudah mencapai garis akhir karena apa yang dilakukan sudah yang terbaik. 

Mahkota Kebenaran dari Tuhan

Kita mau mendapatkan kemenangan kehormatan dari dunia saja kita upayakan secara maksimal. Terlebih lagi untuk mendapatkan kemenangan kehormatan dari Tuhan. Supaya kita dihormati Tuhan, cari Tuhan, Ia memberikan 365 hari kesempatan.

Tuhan menjamin orang yang mengikuti aturan Firman. 

Kolose 1: 3) Kami selalu mengucap syukur kepada Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, setiap kali kami berdoa untuk kamu, (4) karena kami telah mendengar tentang imanmu dalam Kristus Yesus dan tentang kasihmu terhadap semua orang kudus, (5) oleh karena pengharapan, yang disediakan bagi kamu di sorga. Tentang pengharapan itu telah lebih dahulu kamu dengar dalam firman kebenaran, yaitu Injil

Mari kita lebih setia di 2017.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: