Catatan Khotbah bundajo

Pujian dan Penyembahan Yang Berkenan

pada Agustus 18, 2016

(Retreat pelayan mimbar GpdI Bethesda – 16 Agustus 2016)

Ps Jonathan Prawira

Allah memanggil umatNya bukan karena mampu untuk melayani. Ketika Tuhan memanggil maka Ia yang akan memberikan kemampuan. Salah satu yang dipuji Allah dan tercatat dalam Alkitab adalah Daud.

Daud lebih dari seorang pemuji dan penyembah full time, tetapi juga full heart. Memang Daud tidak sempurna dan pernah berbuat kesalahan, namun Daud tahu cara memuji dan makna dari pujian penyembahan, sehingga Tuhan berkenan.

Mazmur 22: 4) Padahal Engkaulah Yang Kudus yang bersemayam di atas puji-pujian orang Israel.

Sering kita mengutip ayat ini menyebut bahwa Allah bersemayan di atas puji pujian sehingga seringkali menimbulkan salah orientasi dalam melakukan pujian penyembahan, ketika yang difokuskan adalah membuat pujian penyembahan yang wow, keren atau sekedar menjadi show yang melupakan makna pujian penyembahan sesungguhnya. Padahal yang Tuhan cari adalah penyembahNya, pujian dari orang israel, bukan pujiannya.

Fungsi pujian bukan pelengkap ibadah tetapi penghubung antara manusia dengan Allah, mendatangkan hadirat Allah dalam ibadah. Hadirat Allah = Kerajaan Allah.

Ciri ciri pujian dan penyembahan kepada  Allah:

Roma 14: 17) Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus.

  1. Seseorang ketemu hadirat Tuhan pertama tama pasti tidak berasa hidupnya benar. Apakah kita semakin haus dalam kebenaran? Saat kita mengakui Yesus Tuhan itu adalah penyembahan kita yang pertama
  2. Damai sejahtera
  3. Sukacita 
  4. Kuasa – 1 Korintus 4: 20) Sebab Kerajaan Allah bukan terdiri dari perkataan, tetapi dari kuasa

Rahasia Daud untuk melakukan pujian penyembahan yang berkenan kepada Tuhan adalah tujuannya semata untuk perkenanan Tuhan.

Mazmur 19:15) Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

Yesus selama pelayanan di dunia mendasarinya dengan belas kasihan.

Matius 14: 14) Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

Pelayanan didasari oleh belas kasihan kepada mereka yang dilayani.

Maz 8-3) Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu telah Kauletakkan dasar kekuatan karena lawan-Mu, untuk membungkamkan musuh dan pendendam.

Daud mengerti bawa dari bayi, Tuhan yg meletakkan kekuatan dan hal itu adanya di mulut kita. Apa dasar kekuatan itu? Pujian dan penyembahan.

Matius 21: 16) lalu mereka berkata kepada-Nya: “Engkau dengar apa yang dikatakan anak-anak ini?” Kata Yesus kepada mereka: “Aku dengar; belum pernahkah kamu baca: Dari mulut bayi-bayi dan anak-anak yang menyusu Engkau telah menyediakan puji-pujian?”

Yang Daud katakan menjadi dasar kekuatan adalah pujian.  Tuhan mau saat kita memuji Tuhan menyatakan kuasaNya

Bagaimana penyembahan yang berkuasa?

Penyembah.Yang Daud puji bukan apa yang ia inginkan tetapi apa yang Allah dengarkan.

Maz 56-5) kepada Allah, yang firman-Nya kupuji, kepada Allah aku percaya, aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Daud menyembah dengan iman, bahkan ketika masalah belum selesai dan keadaan tidak baik.

Maz 13:13-2) Berapa lama lagi, TUHAN, Kaulupakan aku terus-menerus? Berapa lama lagi Kausembunyikan wajah-Mu terhadap aku? (2) (13-3) Berapa lama lagi aku harus menaruh kekuatiran dalam diriku,  dan bersedih hati sepanjang hari? Berapa lama lagi musuhku meninggikan diri atasku?

Daud berada dalam situasi tidak enak dimana ia mengeluh kepada Tuhan. Meskipun hatinya susah ia tetap mengucap syukur

Maz 13: (13-6a) Tetapi aku, kepada kasih setia-Mu aku percaya, hatiku bersorak-sorak karena penyelamatan-Mu. (6) (13-6b) Aku mau menyanyi untuk TUHAN, karena Ia telah berbuat baik kepadaku.

Kalau pelayanan mau efektif kita harus perbaharui pujian penyembahan. Apakah kita mau menjadi pemuji penyembah yang berkenan kepada Allah?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: