Catatan Khotbah bundajo

Lidah Seorang Murid

pada Juli 10, 2016

Yesaya 50: 4) Tuhan ALLAH telah memberikan kepadaku lidah seorang murid, supaya dengan perkataan aku dapat memberi semangat baru kepada orang yang letih lesu. Setiap pagi Ia mempertajam pendengaranku untuk mendengar seperti seorang murid. (5) Tuhan ALLAH telah membuka telingaku, dan aku tidak memberontak, tidak berpaling ke belakang. (6) Aku memberi punggungku kepada orang-orang yang memukul aku, dan pipiku kepada orang-orang yang mencabut janggutku. Aku tidak menyembunyikan mukaku ketika aku dinodai dan diludahi. (7) Tetapi Tuhan ALLAH menolong aku; sebab itu aku tidak mendapat noda. Sebab itu aku meneguhkan hatiku seperti keteguhan gunung batu karena aku tahu, bahwa aku tidak akan mendapat malu.

Yesaya adalah seorang Nabi yang luar biasa yang digolongkan dalam nabi besar karena banyak menghasilkan tulisan yang mengajar bangsa Israel.

Hamba berbeda dengan murid, namun dalam hal ketaatan terhadap atasan sama. Kata Yesaya Tuhan memberinya lidah seorang murid. Sebelum Yesaya menjadi berkat seperti dalam ayat 4 ini, maka ada proses penyucian.

Yesaya 6: 5) Lalu kataku: “Celakalah aku! aku binasa! Sebab aku ini seorang yang najis bibir, dan aku tinggal di tengah-tengah bangsa yang najis bibir, namun mataku telah melihat Sang Raja, yakni TUHAN semesta alam

Sebelum disucikan bibirnya najis, namun api menyucikan.

Yesaya 6: 6) Tetapi seorang dari pada Serafim itu terbang mendapatkan aku; di tangannya ada bara, yang diambilnya dengan sepit dari atas mezbah. (7) Ia menyentuhkannya kepada mulutku serta berkata: “Lihat, ini telah menyentuh bibirmu, maka kesalahanmu telah dihapus dan dosamu telah diampuni.” 

Setelah kita diampuni kita diutus memuliakan Tuhan. Lidah seorang murid yang sudah disucikan mengandung hikmat, memberi semangat.

Yakobus 3: 8) tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan. (9) Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, (10) dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.

Lidah hanya dapat dijinakkan oleh oknum surga dengan bara api yakni Roh Kudus. 

Allah akan menyertai murid yang mendengar, memahami dan melakukan Firman.

Matius 28: 20) dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman


Tinggalkan Balasan

