Catatan Khotbah bundajo

Hidup dalam Panggilan Sorgawi

pada Agustus 30, 2015

GPdI Bethesda

Matius 4: 18) Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. (19) Yesus berkata kepada mereka: “Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.”

Setiap manusia memiliki panggilan hidup yang berbeda; namun ada panggilan sorgawi untuk menjadikan penjala manusia.

1. Panggilan untuk berubah

Mari, dalam bahasa Yunani, Kaleo; Artinya panggilan untuk memindahkan orang untuk tidak lagi berada di tempatnya/ pindah tempat (panggilan untuk berubah).

1 Korintus 5: (7) Buanglah ragi yang lama itu, supaya kamu menjadi adonan yang baru, sebab kamu memang tidak beragi. Sebab anak domba Paskah kita juga telah disembelih, yaitu Kristus. (8) Karena itu marilah kita berpesta, bukan dengan ragi yang lama, bukan pula dengan ragi keburukan dan kejahatan, tetapi dengan roti yang tidak beragi, yaitu kemurnian dan kebenaran

Inilah panggilan itu, untuk kita hidup baru.

Roma 12:(2) Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. 

Pembaharuan budi; secara total.

2. Panggilan untuk mendapat berkat

Ikut Tuhan, dalam bahasa Yunani; Sun Kaleo : panggilan untuk menikmati apa yang Dia siapkan

Jika ingin menikmati berkat Tuhan maka kita perlu ikut Tuhan, melakukan FirmanNya.

3. Panggilan untuk menjadi berkat

“menjadi penjala manusia” / utusan Tuhan (evangelion) tidak hanya menerima Firman tetapi menjadi berkat. Apapun yang Tuhan percayakan bagikan kepada orang lain.
Apabila kita mengikuti panggilan itu maka janji Tuhan:
Ulangan 28: 6) Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar.

Mazmur 121: (1) Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolonganku? (2) Pertolonganku ialah dari TUHAN, yang menjadikan langit dan bumi. (3) Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. (4) Sesungguhnya tidak terlelap dan tidak tertidur Penjaga Israel. (5) Tuhanlah Penjagamu, Tuhanlah naunganmu di sebelah tangan kananmu. (6) Matahari tidak menyakiti engkau pada waktu siang, atau bulan pada waktu malam. (7) TUHAN akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. (8) TUHAN akan menjaga keluar masukmu, dari sekarang sampai selama-lamanya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: