Catatan Khotbah bundajo

Minyak Urapan

pada Juli 5, 2015

Pdt Hesky Rorong
GPdI Bethesda

Mazmur 133:2 (TB)  Seperti minyak yang baik di atas kepala meleleh ke janggut, yang meleleh ke janggut Harun dan ke leher jubahnya.

Daud menulis syair Mazmur sesuai dengan keadaan yang ia alami, baik dalam kesusahan maupun dalam sukacita.

Dalam pasal 133, Daud menuliskan minyak yang baik, dan akan diurapi diatas Harun. Harun dari suku Lewi ditahbiskan menjadi imam bagi bangsa Israel, melayani dan mempersembahkan korban karena dosa bangsa Israel.

Ibrani 5:1-4 (TB)  Sebab setiap imam besar, yang dipilih dari antara manusia, ditetapkan bagi manusia dalam hubungan mereka dengan Allah, supaya ia mempersembahkan persembahan dan korban karena dosa.
Ia harus dapat mengerti orang-orang yang jahil dan orang-orang yang sesat, karena ia sendiri penuh dengan kelemahan,
yang mengharuskannya untuk mempersembahkan korban karena dosa, bukan saja bagi umat, tetapi juga bagi dirinya sendiri.
Dan tidak seorang pun yang mengambil kehormatan itu bagi dirinya sendiri, tetapi dipanggil untuk itu oleh Allah, seperti yang telah terjadi dengan Harun.

Harun memiliki kelemahan, namun tetap memberikan kehormatan baginya untuk melayani

Harun menyadari umat Israel keras kepala, juga dirinya. Salah satu contohnya adalah ketika ia membuat patung karena Musa terlalu lama ada di Gunung Sinai.

Minyak yang berharga dituangkan ke kepala Harun, pikiran, yang mampu menciptakan hal luar biasa. Menyenangkan Tuhan juga bisa dilakukan dengan melatih memiliki pikiran yang berdampak positif, dan butuh pengurapan Allah untuk melakukannya.

1 Yohanes 2:27 (TB)  Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari pada-Nya. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu — dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta — dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.

2 Korintus 1:21 (TB)  Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi,

Ibrani 1:9 (TB)  Engkau mencintai keadilan dan membenci kefasikan; sebab itu Allah, Allah-Mu telah mengurapi Engkau dengan minyak sebagai tanda kesukaan, melebihi teman-teman sekutu-Mu.”

Mari berikan pikiran kita untuk diurapi oleh Tuhan agar dampaknya turun kepada keturunan kita.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: