Catatan Khotbah bundajo

Rahasia Kedatangan Tuhan Kembali

pada Mei 31, 2015

GPdI Bethesda
Pdt. Rasgo Porayouw

Kisah Para Rasul 1:9-11 (TB)  Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Ada 5 hal yang dilakukan Yesus untuk menyelamatkan manusia
Lahir, supaya Allah yang bisa dilihat oleh manusia
Mati, mengalirkan pengampunan dosa manusia
Bangkit, Yesus bukan satu satunya yang bangkit dari kematian tetapi kematian Yesus berbeda
Kenaika, Henokh, Musa, Elia dan Yesus naik ke surga. Yesus berbeda
Kedatangan kembali

Tidak ada yang kebetulan, termasuk kedatangan dua orang berpakaian putih yang menjadi saksi kenaikanNya.
Hukum Taurat mengatur 3 hal:
Hubungan manusia dengan manusia
Manusia dengah alam
Manusia dengan Allah

Hukum Taurat menuliskan suatu perkara baru sah kalau ada 2-3 orang saksi. Tuhan mengatur saksi kenaikanNya ke surga supaya ada kekuatan hukum sesuai hukum Taurat. Di kelahiran, kematian kebangkitan pun Tuhan mengatur ada saksi, jadi tidak ada hal yang kebetulan.

Kedua saksi kenaikan Yesus menjelaskan bagaimana Yesus akan kembali, namun tidak pernah kapan Yesus akan kembali.

Daniel 2:21 (TB)  Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;

Allah akan selalu melakukan perubahan waktu dan bentuk perubahannya kita tidak tahu.

Ciri ciri kedatangan Tuhan sama dengan ciri cirI kenaikanNya.
1. Naik dari Bukit Zaitun

Wahyu 1:7 (TB)  Lihatlah, Ia datang dengan awan-awan dan setiap mata akan melihat Dia, juga mereka yang telah menikam Dia. Dan semua bangsa di bumi akan meratapi Dia. Ya, amin.

Daniel 12:1 (TB)  “Pada waktu itu juga akan muncul Mikhael, pemimpin besar itu, yang akan mendampingi anak-anak bangsamu; dan akan ada suatu waktu kesesakan yang besar, seperti yang belum pernah terjadi sejak ada bangsa-bangsa sampai pada waktu itu. Tetapi pada waktu itu bangsamu akan terluput, yakni barangsiapa yang didapati namanya tertulis dalam Kitab itu.

Daniel 10:21 (TB)  Namun demikian, aku akan memberitahukan kepadamu apa yang tercantum dalam Kitab Kebenaran. Tidak ada satu pun yang berdiri di pihakku dengan tetap hati melawan mereka, kecuali Mikhael, pemimpinmu itu,

Daniel 10:13 (TB)  Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia.

Siapakah Mikhael?

Matius 23:10 (TB)  Janganlah pula kamu disebut pemimpin, karena hanya satu Pemimpinmu, yaitu Mesias.

Yesus adalah Mikael itu.

Bagaimana cara Allah memastikan kembalinya Yesus akan disaksikan semua mata?

Daniel 12:4 (TB)  Tetapi engkau, Daniel, sembunyikanlah segala firman itu, dan meteraikanlah Kitab itu sampai pada akhir zaman; banyak orang akan menyelidikinya, dan pengetahuan akan bertambah.”

Dengan menambahkan ilmu pengetahuan.

2. Dari bumi ke angkasa tanpa awan, dari angkasa ke surga dengan awan

Kisah Para Rasul 1:9 (TB)  Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.

1 Tesalonika 4:16 (TB)  Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;

Ketika orang yang mati dalam Tuhan dibangkitkan, orang kudus diangkat ke angkasa. Gereja akan bertemu Yesus di angkasa.

1 Tesalonika 4:17 (TB)  sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan.

Yudas 1:14 (TB)  Juga tentang mereka Henokh, keturunan ketujuh dari Adam, telah bernubuat, katanya: “Sesungguhnya Tuhan datang dengan beribu-ribu orang kudus-Nya,

Yang akan terjadi adalah penghakiman dan penghukuman.
Yudas 1:15 (TB)  hendak menghakimi semua orang dan menjatuhkan hukuman atas orang-orang fasik karena semua perbuatan fasik, yang mereka lakukan dan karena semua kata-kata nista, yang diucapkan orang-orang berdosa yang fasik itu terhadap Tuhan.”

Hari itu, akan menjadi hari yang menyenangkan bagi kita yang percaya dan setia.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: