Catatan Khotbah bundajo

Hidup di Dalam Rencana Allah

pada Desember 7, 2014

7 Des 2014
GPdI Bethesda
Pdt. Hesky Rorong

Roma 8:28-29  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Untuk sampai pada rencana Allah, kita tidak hanya perlu berdoa dan berharap, tetapi juga harus memiliki pengetahuan tentang rencana Allah.

Ayat 28 dalam terjemahan lain mengatakan bahwa Allah yang mengatur segela sesuatu agar bekerja sama mendatangkan kebaikan bagi yang mengasihi Dia. Allah yang mengatur hidup manusia.

Kejadian 50:20  Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

Untuk menjadi baik manusia tidak punya kemampuan, karena itu membutuhkan Allah untuk menjadi baik.

Prioritas Allah untuk mendatangkan kebaikan:
1. Bagi mereka yang mengasihi Dia, dengan melakukan hal ini:

Yudas 1:20-23  Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.
Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.
Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu,
selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.

Berapa banyak hal yang Tuhan berikan dalam hidup di tahun ini? Tunjukkan pada orang lain yang tidak mengerti. Ini tugas kita, bukan talenta tetapi perintah.

2. Bagi mereka yang terpanggil (kletois = diundang) sesuai dengan rencana Allah

2 Timotius 1:9-10  Dialah yang menyelamatkan kita dan memanggil kita dengan panggilan kudus, bukan berdasarkan perbuatan kita, melainkan berdasarkan maksud dan kasih karunia-Nya sendiri, yang telah dikaruniakan kepada kita dalam Kristus Yesus sebelum permulaan zaman
dan yang sekarang dinyatakan oleh kedatangan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang oleh Injil telah mematahkan kuasa maut dan mendatangkan hidup yang tidak dapat binasa.

Tujuan Allah adalah menjadikan kita serupa dengan Dia. Lakukan sesuatu sesuai perintahNya, karena kita telah diundang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: