Catatan Khotbah bundajo

Roh Kudus yang Membantu dalam Kelemahan

pada Juli 13, 2014

13 Juli 2014
GPdI Bethesda
Pdt Delfi

Roma 8:26  Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

Peran Roh Kudus tidak hanya menghibur, namun tugasnya membantu kita dalam kelemahan.
Pengertian membantu adalah mengangkat beban atau mengambil bagian dalam mengangkat beban. Ketika Roh Kudus hadir dalam hidup kita, maka Roh Kudus mengambil bagian menanggung beban kesusahan kita.

Kelemahan dalam bacaan ini mengacu pada penyakit, sama dengan istilah yang digunakan dalam Lukas.

Lukas 5:15  Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersiar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka.

Kelemahan juga bicara tentang kelemahan manusia yang belum dibangkitkan.

1 Korintus 15:43  Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan.

Selama kita menunggu proses kebangkitan, kita tidak akan luput dari kehinaan dan kelemahan.
Konsekuensi mendapatkan kemuliaan dan kekuatan harus melewati proses kehinaan dan kelemahan.

2 Korintus 5:4  Sebab selama masih diam di dalam kemah ini, kita mengeluh oleh beratnya tekanan, karena kita mau mengenakan pakaian yang baru itu tanpa menanggalkan yang lama, supaya yang fana itu ditelan oleh hidup.
2 Korintus 5:5  Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.

Ada banyak orang percaya tidak bisa berkata kata dalam doa namun dalam air mata karena tekanan. Roh mengerti maksud kita dan itu yang disampaikan kepada Bapa. Keluhan yang tidak terucap = merintih. Merintih sama dengan menarik napas
Markus 7:34  Kemudian sambil menengadah ke langit Yesus menarik nafas dan berkata kepadanya: “Efata!”, artinya: Terbukalah!
Yesus dapat merasakan beban orang bisu yang Ia sembuhkan. Yesus merintih kepada Bapa di surga dan orang bisu disembuhkan.

Jangan sekali kali mendukakan Roh Kudus, siapa lagi yang akan membantu kita. Tidak ada. Pertahankan Roh Kudus dalam hidup kita.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: