Catatan Khotbah bundajo

Komitmen Memberi Dampak

pada Oktober 27, 2013

27 Okt 2013
GPdI Bethesda
Pdt.

Filipi 1:21-26  Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
Tetapi jika aku harus hidup di dunia ini, itu berarti bagiku bekerja memberi buah. Jadi mana yang harus kupilih, aku tidak tahu.
Aku didesak dari dua pihak: aku ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus — itu memang jauh lebih baik;
tetapi lebih perlu untuk tinggal di dunia ini karena kamu.
Dan dalam keyakinan ini tahulah aku: aku akan tinggal dan akan bersama-sama lagi dengan kamu sekalian supaya kamu makin maju dan bersukacita dalam iman,
sehingga kemegahanmu dalam Kristus Yesus makin bertambah karena aku, apabila aku kembali kepada kamu.

Hidup kita harus memberi dampak. Semakin lama mengikut Yesus, harusnya semakin lama semakin menyerupai Yesus, karakter, cara hidup.

Paulus katakan bahwa satu tugasnya, berguna memberi dampak bagi jemaat.

Begitu kita berkomitmen mengikuti Yesus maka hidup kita akan memberi dampak pada orang lain.

1. Komitmen adalah respon yang sungguh- sungguh, tidak setengah setengah.
Wahyu 3:15-16  Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

2. Komitmen menyerahkan segenap hidup kepada Tuhan.
Mazmur 37:5  Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;
Semakin kita taat dan tunduk, Ia akan semakin menyatakan diriNya.

3. Komitmen menyerahkan semua perbuatan kepada Tuhan.
Amsal 16:3  Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.
1 Petrus 4:19  Karena itu baiklah juga mereka yang harus menderita karena kehendak Allah, menyerahkan jiwanya, dengan selalu berbuat baik, kepada Pencipta yang setia.

4. Komitmen dimulai dari pertobatan radikal
Roma 12:2  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.
Dampak pertobatan Zakeus, keluarganya diselamatkan.
Lukas 19:7-9  Tetapi semua orang yang melihat hal itu bersungut-sungut, katanya: “Ia menumpang di rumah orang berdosa.”
Tetapi Zakheus berdiri dan berkata kepada Tuhan: “Tuhan, setengah dari milikku akan kuberikan kepada orang miskin dan sekiranya ada sesuatu yang kuperas dari seseorang akan kukembalikan empat kali lipat.”
Kata Yesus kepadanya: “Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang ini pun anak Abraham.


Tinggalkan Balasan

