Catatan Khotbah bundajo

Setia dalam Perkara Kecil

pada September 15, 2013

15 September 2013
GPdI Bethesda
Pdt Samuel Pison

Lukas 16:10  “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Dalam praktek hidup kesetiaan ini adalah hal mendasar yang harus dilakukan. Apa itu artinya perkara kecil? Perkara yang orang sering anggap sederhana. Alkitab berkata Allah tidak pernah mengabaikan kesetiaan anakNya. Setia tidak hanya menunjukkan apa yang kita buat. Kadang Tuhan beri kepada kita hal yang sederhana. Pada waktu Israel goncang karena Raja Saul tidak taat pada perkara kecil, Daud dipanggil untuk menggantikannya. Duad, penjaga doma, 2-3 ekor, sederhana. Dia jaga dengan baik. Kesetiaan itu dilihat Tuhan. Kalau kita setia, tulus pada perkara kecil, Tuhan akan percayakan hal besar

1. Kesetiaan tidak mengenal status
1 Samuel 18:1  Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri
1 Samuel 18:4  Yonatan menanggalkan jubah yang dipakainya, dan memberikannya kepada Daud, juga baju perangnya, sampai pedangnya, panahnya dan ikat pinggangnya.
Daud anak gembala, Yonatan anak Raja. Yonatan memberi semua karena Daud adalah orang yang dapat dipercaya. Harga kesetiaan begitu mahal, apapun pekerjaan kita.

2. Orang yang setia, dapat dipercaya
1 Korintus 4:17  Justru itulah sebabnya aku mengirimkan kepadamu Timotius, yang adalah anakku yang kekasih dan yang setia dalam Tuhan. Ia akan memperingatkan kamu akan hidup yang kuturuti dalam Kristus Yesus, seperti yang kuajarkan di mana-mana dalam setiap jemaat.

3. Orang yang setia akan membawa berita yang baik
Efesus 6:21-22  Supaya kamu juga mengetahui keadaan dan hal ihwalku, maka Tikhikus, saudara kita yang kekasih dan pelayan yang setia di dalam Tuhan, akan memberitahukan semuanya kepada kamu.
Dengan maksud inilah ia kusuruh kepadamu, yaitu supaya kamu tahu hal ihwal kami dan supaya ia menghibur hatimu.

4. Orang setia bertanggung jawab
Kisah Para Rasul 20:20  Sungguhpun demikian aku tidak pernah melalaikan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di muka umum maupun dalam perkumpulan-perkumpulan di rumah kamu;

5. Orang setia tidak pernah tawar hati
Yosua 1:9  Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi.”

6. Orang yang setia pasti rendah hati
Bilangan 12:7  Bukan demikian hamba-Ku Musa, seorang yang setia dalam segenap rumah-Ku.

7. Orang setia tidak menginginkan kegagalan orang lain
Amsal 24:17  Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: