Catatan Khotbah bundajo

Menjadi Kuat di Dalan Tuhan

pada Juni 23, 2013

23 Juni 2013
GPdI Bethesda
Pdt Elvy
2 Samuel 3:1  Peperangan antara keluarga Saul dan keluarga Daud berlarut-larut; Daud kian lama kian kuat, sedang keluarga Saul kian lama kian lemah
Saul menjadi lemah:
1. karena tidak lagi memiliki roh Tuhan
1 Samuel 16:14  Tetapi Roh TUHAN telah mundur dari pada Saul, dan sekarang ia diganggu oleh roh jahat yang dari pada TUHAN.
2. Saul tidak taat
1 Samuel 13:13  Kata Samuel kepada Saul: “Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya.
1 Samuel 15:11  “Aku menyesal, karena Aku telah menjadikan Saul raja, sebab ia telah berbalik dari pada Aku dan tidak melaksanakan firman-Ku.” Maka sakit hatilah Samuel dan ia berseru-seru kepada TUHAN semalam-malaman.
Seringkali dalam rumah tangga kita tidak mau melakukan apa yang Tuhan mau, hanya apa yang dikehendaki sendiri.
3. Saul lebih mendengar suara manusia daripada suara Tuhan
1 Samuel 15:24  Berkatalah Saul kepada Samuel: “Aku telah berdosa, sebab telah kulangkahi titah TUHAN dan perkataanmu; tetapi aku takut kepada rakyat, karena itu aku mengabulkan permintaan mereka.
4. Saul kehilangan berkat
1 Samuel 15:28  Kemudian berkatalah Samuel kepadanya: “TUHAN telah mengoyakkan dari padamu jabatan raja atas Israel pada hari ini dan telah memberikannya kepada orang lain yang lebih baik dari padamu.
Mengapa Daud dipilih Tuhan menggantikan Saul?

1. Roh Tuhan ada pada Daud
1 Samuel 16:13  Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.

2. Tuhan menyertai dan membuat hidupnya berhasil
1 Samuel 18:14  Daud berhasil di segala perjalanannya, sebab TUHAN menyertai dia.

3. Daud memimpin orang dalam masalah
1 Samuel 22:2  Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang.

4. Daud selalu bertanya kepada Tuhan
1 Samuel 23:2  Lalu bertanyalah Daud kepada TUHAN: “Apakah aku akan pergi mengalahkan orang Filistin itu?” Jawab TUHAN kepada Daud: “Pergilah, kalahkanlah orang Filistin itu dan selamatkanlah Kehila.”
1 Samuel 23:4  Lalu bertanya pulalah Daud kepada TUHAN, maka TUHAN menjawab dia, firman-Nya: “Bersiaplah, pergilah ke Kehila, sebab Aku akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu.”
1 Samuel 18:29  Maka makin takutlah Saul kepada Daud. Saul tetap menjadi musuh Daud seumur hidupnya.
Saul seumur hidupnya membuat Daud menjadi musuh. Apakah ada friksi dalam keluargamu? Dalam gereja? Mari meneladani Daud. Banyak kesempatan ia bisa membalas dendam pada Saul, namun hal itu tidak dilakukannya.
1 Samuel 23:14 . Allah melindungi Daud.

Mari teladani hidup Daud dlm setiap keadaan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: