Catatan Khotbah bundajo

Online dan Sharing

pada Juni 16, 2013

16 Juni 2013
JPCC
Pastor Jeffry Rahmat

Jaman sekarang, baik muda maupun tua, kita hidup di jaman yang sangat berubah. Online menjadi suatu kebutuhan. Dalam kehidupan seharusnya kita selalu online dengan Tuhan, supaya bisa download pemikiran, berkat, hikmat dari Tuhan. Bagaimana caranya online dengan Tuhan?

Yohanes 14:6  Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Kesalahan orang Kristen adalah seringkali online dengan Tuhan hanya untuk download, namun juga bisa sharing, supaya orang lain jadi tahu. Tuhan mau kita tidak hanya berhenti download, tapi tidak mau membagi ke orang lain.

Matius 5:14-16  Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.
Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.
Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Yesus tidak mengatakan supaya orang melihat perbuatanNya, tapi perbuatanmu, perbuatan kita.

Yohanes 10:10  Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Iblis disebut pencuri, bukan penodong atau perampok. Pada saat seseorang dicuri, ia tidak tahu. Iblis bisa mengambil sesuatu yang berharga tanpa kita ketahui.

Mungkin kita tidak sadar bahwa hari ini kita sudah kecurian hal hal yang sangat bernilai? Misalnya dulu kita berapi api melayani Tuhan, sekarang kita sudah tidak melayani. Hal itu dicuri dari kita. Iblis mencuri nilai yang berharga dalam hidup kita. Iblis juga membunuh, bukan menghabisi nyawa (dalam bahasa Yunani Tuo, sacrifice), sesuatu yang dikorbankan. Setelah mencuri, iblis akan menciptakan kondisi dimana kita tidak akan melihat cara lain kecuali mengorbankan nilai yang sangat penting. Iblis akan menyudutkan kita sampai kita mengorbankan sesuatu yang penting. Kita disudutkan pada kondisi dimana kita tidak bisa lagi melakukan kehendak Tuhan.

Iblis tidak berhenti sampai membunuh, tapi sampai membinasakan (apolomi /menghancurkan) kita.

Sebaliknya Tuhan memberi:
Hidup/ zoe adalah hidup yang penuh vitalitas, hidup yang lebih dari hidup.
Kelimpahan/ periossposs, extraordinary, jauh dari sekedar lumayan/rata rata.

Kalau apa yang tercuri, dikorbankan lalu hancur, bisa dilihat dengan kasat mata, maka orang yang hidup dalam kelimpahan, manofestasinya juga dapat dilihat orang.
Ketika sesuatu dicuri, jangan menyalahkan Tuhan.

Amsal 19:3  Kebodohan menyesatkan jalan orang, lalu gusarlah hatinya terhadap TUHAN.

1. Sadari bahwa sesuatu sudah hilang
2. Kembali pada Yesus, selalu online terus dengan Tuhan, dan sharing pada orang lain.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: