Catatan Khotbah bundajo

Semangat Kaleb

pada Mei 4, 2013

4 Mei 2013
PDOPG
Pdt Ruhut Siagian

Shakespeare mengatakan apalah arti sebuah nama. Di Alkitab, nama memiliki makna yang besar. Bahkan Adam Hawa diberi kuasa untuk memberi nama pada sekuruh binatang. Abram dan Yakub dua-dua diubah namanya oleh Tuhan karena perubahan karakter yang dimiliki.

Bilangan 14:24  Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

Kaleb artinya anjing. Anjing memiliki penciuman yang lebih baik dari manusia, 20x lebih tajam. Anjing juga memiliki penglihatan yang baik, bad rock, kemampuan melihat dalam gelap. Pendengarannya dua oktaf lebih tinggi dari manusia. Bicara penciuman, pendengaran, penglihatan yang tajam, ini adalah karakter yang dimiliki oleh Kaleb.

Yosua 14:10-11  Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini;
pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.

Secara rohani, ketika mulai mengiring Tuhan, ia semakin kuat dalam Tuhan. Fisik boleh melemah, namun secara rohani harusnya semakin kuat. Semangat Kaleb harus ada pada kita.

Anjing juga memiliki naluri keberanian. Kaleb juga memiliki spirit seperti itu.

Bilangan 13:30  Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: “Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!”

12 pengintai melihat hal yang sama, Yosua dan Kaleb melihat hal yang positif dengan keberanian. Seharusnya kita dalam pengiringan Tuhan yang semakin lama, semakin berani. Kita harusnya berbeda tidak takut akan masa depan. Alkitab mengatakan iblis sudah dikalahkan. Kematian sudah ditaklukan, bukti bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan.

2 Timotius 1:7  Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Anjing memiliki kesetiaan. Kaleb memiliki karakter yang setia, setia pada pemimpinnya dan setia pada Tuhan. Kesetiaan adalah nilai yang tertinggi. Setia, maka Allah akan memberi mahkota kehidupan.

Yosua 14:14  Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati.

Kenapa Kaleb bisa seperti itu?
Bilangan 14:24  Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

Kaleb memiliki jiwa yang berbeda. Ada Roh Allah dalam hidupnya. Ada Roh Allah yang menuntunnya kepada janji Allah. Apa kita mau seperti Kaleb?


One response to “Semangat Kaleb

  1. kalimantan selatan mengatakan:

    amin. Roh yang ada dalam diri anak Tuhan, lebih besar dari roh yang ada dalam dunia ini.Jadi kita tidak perlu takut menghadapi permasalahan apapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: