Catatan Khotbah bundajo

2013: Imanuel

pada Januari 1, 2013

Ibadah Awal Tahun 2013
GPdI Bethesda
Pdt Hesky Rorong

Matius 1:23  “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.

Ayat ini sering dibahas dalam perayaan Natal, datang kepada Yusuf ketika ia tau bahwa tunangannya sudah hamil. Matius coba menjelaskan kata Imanuel, yang dalam bahasa Ibrani berarti Allah menyertai. Berita ini penuh sukacita, dan Yusuf memberi respon dengan bertindak.

Matius 1:24  Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

Jauh sebelumnya Yesaya juga sudah membawa pesan Tuhan yang sama kepada umat Yehuda yang sedang dalam tekanan.

Yesaya 7:14  Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

Di awal tahun ini mari kita percaya dan meresponi berita sukacita ini, bahwa Allah akan menyertai.

Yohanes 15:1-8
Yohanes 15:1  “Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Pengusaha, dalam terjemahan lain, adalah tukang kebun. (I am the true vine and my Father is the gardener).
Yohanes 15:2  Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.
Allah mau merawat kebun anggur ini.

Salah satu bentuk penyertaan Tuhan adalah Ia ingin merawat kebun anggur, yakni kita, dengan membersihkan karakter-karakter kita. Allah ingin kita berbuah lebih banyak. Di tahun 2012 kita mungkin sudah berbuah, Allah ingin kita lebih lagi banyak berbuah di 2013. Jangan mau jadi anak Tuhan yang biasa-biasa.

Yohanes 15:3  Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

Harus ada perawatan terus menerus sampai kita sama dengan Kristus. Ketika proses itu terjadi, bersama dengan Tuhan kita akan berhasil. Prosesnya sering menyakitkan, karena digunting. Melayani Tuhan juga tidak selalu mulus. Namun ada upah di surga yang tersedia bagi kita. Hanya orang tinggal dalam Tuhan yang akan hidup berkemenangan.

Yohanes 15:4  Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku.

Kita tidak akan berbuah jika tidak tinggal di dalam Tuhan.

1 Yohanes 2:12, 28  Aku menulis kepada kamu, hai anak-anak, sebab dosamu telah diampuni oleh karena nama-Nya.Maka sekarang, anak-anakku, tinggallah di dalam Kristus, supaya apabila Ia menyatakan diri-Nya, kita beroleh keberanian percaya dan tidak usah malu terhadap Dia pada hari kedatangan-Nya.

Inilah imanuel.
Yohanes 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Kalau Firman itu tinggal didalam kita, kita bisa minta, kita akan menerima. Berkat Tuhan, untuk hormat kemuliaan bagi Tuhan.
Yohanes 15:8  Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: