Catatan Khotbah bundajo

Kasih

pada Desember 9, 2012

9 Desember 2012
GPdI Bethesda
Pdt Hesky Rorong

1 Korintus 13:1-3
Rasul Paulus mengajarkan bahwa segala hal yang baik yang dilakukan tanpa kasih tidak ada apa-apanya. Paulus bicara tentang kasih karena Korintus adalah jemaat yang banyak memiliki karunia, tetapi tidak punya kasih.

1 Korintus 13:1  Sekalipun aku dapat berkata-kata dengan semua bahasa manusia dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dengan gong yang berkumandang dan canang yang gemerincing.

Ayat ini memberi petunjuk sekalipun seseorang sangat pintar, akan sia-sia kalau memiliki kasih, kasih Agape, kasih yang penuh kebijakan. Kasih yang diberikan Allah adalah kasih yang sempurna.

Yohanes 3:16  Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Bagaimana kasih kita kepada Tuhan?

1 Korintus 13:2  Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna.

1 Korintus 13:3  Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Kasih tidak hanya dibicarakan, tapi perbuatan.

Mari kita mau berguna dihadapan Tuhan dengan memiliki kasih.


Tinggalkan Balasan

