Catatan Khotbah bundajo

Pentingnya Sinergi

pada November 18, 2012

18 Nov 2012
Pdt Yonce Tambayong
GPdI Bethesda

Yohanes 6
Yesus adalah Tuhan yang bertanggung jawab dan peduli. Mereka yang mengikuti Yesus perlu diberi berkat jasmani. Yesus tidak bertanya berapa uang kas yang dimiliki untuk membeli roti. Tanggapan Filipus menunjukkan bahwa Filipus mengandalkan apa yang mereka miliki.

Yohanes 6:5-7 Ketika Yesus memandang sekeliling-Nya dan melihat, bahwa orang banyak berbondong-bondong datang kepada-Nya, berkatalah Ia kepada Filipus: “Di manakah kita akan membeli roti, supaya mereka ini dapat makan?” Hal itu dikatakan-Nya untuk mencobai dia, sebab Ia sendiri tahu, apa yang hendak dilakukan-Nya. Jawab Filipus kepada-Nya: “Roti seharga dua ratus dinar tidak akan cukup untuk mereka ini, sekalipun masing-masing mendapat sepotong kecil saja.”

Andreas, sebaiknya, langsung bertindak, ia mencari apa yang sudah ada. Ia bertemu dengan anak kecil. Anak ini tidak egois, ia rela dibawa, semua bekalnya ia berikan sehingga ada sinergi yang besar. Andreas dan si anak kecil bekerja sama.  Melalui sinergi itu, kuasa Tuhan dinyatakan. Dua pribadi yang beda jaman, beda kapasitas, beda kepribadian, namun bersatu untuk Tuhan. Tetapi Andreas, orang yang mau bekerja keras, merasa bahwa apa yang dihasilkan belum ada artinya buat orang sebanyak itu. Andreas merasa pekerjaannya sia-sia

Yohanes 6:9  “Di sini ada seorang anak, yang mempunyai lima roti jelai dan dua ikan; tetapi apakah artinya itu untuk orang sebanyak ini?”

Apakah boleh kita kecewa?
Amsal 24:10 Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.
Dalam kekecewaan, putus asa, sampaikan itu hanya kepada Tuhan.
Percaya bahwa ketahanan dalam kekecewaan, Allah akan menyatakan kemuliaanNya.
Yohanes 6:10a  Kata Yesus: “Suruhlah orang-orang itu duduk.”
Mujizat Tuhan dinyatakan.
Yohanes 6:11  Lalu Yesus mengambil roti itu, mengucap syukur dan membagi-bagikannya kepada mereka yang duduk di situ, demikian juga dibuat-Nya dengan ikan-ikan itu, sebanyak yang mereka kehendaki.
Yohanes 6:12  Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: “Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang.”

Yesus akan bisa membuat hidup kita puas, dan ada lebihnya.
5+2-5000=12
Yesus Maha Kuasa


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: