Catatan Khotbah bundajo

Bijaksana menyongsong kedatangan Tuhan

pada Agustus 5, 2012

5 Agustus 2012
Matius 25: 1-4
Pdt. Hesky Rorong

Sepintas lalu kelihatan 10 gadis ini sama karena membawa pelita. Jaman dahulu dalam tradisi Yahudi apabila pengantin laki-laki hampir tiba maka disambut dengan pelita, yang menjadin penuntun menerangi mempelai laki-laki menuju pengantin perempuan. Setiap pernikahan harus 10 pengiring yang terpilih.

Mazmur 45, Yesus digambarkan sebagai mempelai yang bergairah.
Hosea 2:19  (2-18) Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku untuk selama-lamanya dan Aku akan menjadikan engkau isteri-Ku dalam keadilan dan kebenaran, dalam kasih setia dan kasih sayang.
Pernikahan mencerminkan keintiman antara pengantin pria dan wanita. Untuk mengetahui kehendak Allah keintiman diperlukan. Keintiman dengan Tuhan membuat kita kuat. Dunia dengan segala tawarannya berusaha memisahkan kita dari kasih Allah.

Gadis  bicara tentang kita yang telah diselamatkan. Tuhan yang menilai apakah kita bijaksana atau tidak, bukan manusia, karena hanya Dia yang tahu.
Yesaya 51:1  Dengarkanlah Aku, hai kamu yang mengejar apa yang benar, hai kamu yang mencari TUHAN! Pandanglah gunung batu yang dari padanya kamu terpahat, dan kepada lobang penggalian batu yang dari padanya kamu tergali.

Allah tau siapa yang sungguh mencari Tuhan. Apabila hari Tuhan datang dan kita kedapatan bodoh maka kita celaka. Karena itu usahakanlah selalu mencari Tuhan. Kita akan temukan apabila kita cari dengan sungguh.

Tugas dari gadis-gadis adalah menyongsong mempelai. Orang percaya mari mempersiapkan diri, dengan melayani Tuhan, selagi Tuhan beri kesempatan.

Yesaya 49:18  Angkatlah mukamu dan lihatlah ke sekeliling, mereka semua berhimpun datang kepadamu. Demi Aku yang hidup, demikianlah firman TUHAN, sungguh, mereka semua akan kaupakai sebagai perhiasan, dan mereka akan kaulilitkan, seperti yang dilakukan pengantin perempuan.

Ke10 perempuan ini punya pelita, Firman Tuhan. Sebagai anak Tuhan tugas kita menjadi pelita, dan pelis itu akan terus menyala apabila ada minyak yang bicara kuasa Roh Kudus. Orang yang bijaksana memiliki kehidupan kualitas.
Matius 25:10  Akan tetapi, waktu mereka sedang pergi untuk membelinya, datanglah mempelai itu dan mereka yang telah siap sedia masuk bersama-sama dengan dia ke ruang perjamuan kawin, lalu pintu ditutup.

Mari kita berlomba didalam Tuhan, setia, dan memiliki kualitas, tidak mudah terpengaruh.

Yohanes 16:13  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Hidup dalam Roh, akan mengarahkan, memimpin kita untuk hidup sebagai anak Tuhan yang berkualitas.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: